Cara Daftar Umkm BRI Online Terupdate 2023 Hanya Lewat HP

Winnnergroup.id – Siapa disini yang baru tahu cara daftar Umkm BRI secara online? Artikel ini akan membantu kamu cara daftar Umkm BRI online. Umkm atau Usaha mikro kecil menengah merupakan sebuah badan usaha yang dilakukan secara perorangan atau perkelompok.

Umkm memiliki rata-rata hasil penjualan pada usaha yang dilakukan 2,5 miliar per tahunnya. Pada umumnya, usaha mikro kecil menengah dilakukan oleh individu rumah tangga.

Serta badan usaha kecil. Tentunya ketika digolongkan dalam usaha mikro kecil menengah dilihat dari omset, aset, dan jumlah karyawan yang dimiliki. Pada artikel ini, kamu akan mendapatkan informasi seputar Umkm, dan juga kita akan membahas cara daftar umkm BRI online.

Serta kita juga akan membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan seputar umkm. Pastinya kamu akan mendapatkan informasi yang dapat menolong kamu melalui bacaan berikut.

Seputar Umkm

Seputar Umkm

Umkm atau yang dikenal dengan (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Yaitu peraturan UU No. 20 tahun 2008.

Usaha mikro ini sendiri terbagi dalam usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah. Berikut kita akan membahas tentang masing-masing bagian dari kriteria.

1. Usaha Mikro

Usaha mikro yaitu usaha yang memiliki kekayaan bersih mencapai 50.000.000 yang tidak termasuk tanah tempat usaha dan bangunan usaha. Setiap tahunnya, hasil penjualan usaha mikro paling banyak 300.000.000.

2. Usaha Kecil

Usaha kecil adalah sebuah usaha ekonomi produktif yang independen (bergantung) dan bisapun berdiri sendiri. Baik yang dimiliki kelompok atau perorangan, bukan sebagai badan usaha cabang dari perusahaan utama. Dipimpin dan dimiliki, menjadi bagian langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah.

Pada umumnya, usaha yang termasuk kriteria kecil yaitu usaha yang memiliki kekayaan bersih Rp. 50.000.000 dan maksimal yang dibutuhkannya mencapai Rp 500.000.000. Dan hasil penjualan bisnis pada setiap tahunnya antara Rp 300.000.00 – 2,5.000.000.000.

3. Usaha Menengah

Usaha menengah adalah usaha dalam ekonomi produktif, bukan anak usaha atau cabang dari perusahaan pusat. Merupakan bagian secara tak langsung dan langsung dalam usaha kecil atau usaha besar.

Yaitu dengan total kekayaan bersihnya yang mana telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Dikategorikan sebagai usaha besar atau bisnis besar.

Memiliki kriteria kekayaan bersih yang dimiliki oleh usaha menengah dengan mencapai lebih dari Rp 500.000.000 – Rp 10.000.000.000.

Belum termasuk bangunan dan tempat usaha. Berdasarkan kriteria ini, hasil penjualan tahunannya mencapai Rp 2,5.000.000 miliar – Rp 50.000.000.000.

Ciri-Ciri Usaha Mikro Kecil Menengah

Ciri-Ciri Usaha Mikro Kecil Menengah

Berikut adalah beberapa yang harus kamu tahu tentang beberapa ciri-ciri UMKM yang harus kamu tahu. Tambahan informasi yang akan membantu kamu mengenali ciri-ciri UMKM.

  1. Biasanya, tempat menjalankan usaha dapat berpindah sewaktu-waktu.
  2. Komoditi atau jenis barang pada UMKM tidak tetap, serta dapat berganti sewaktu-waktu.
  3. UMKM masih belum menerapkan administrasi, keuangan pribadi, serta keuangan usaha masih disatukan.
  4. Tingkat SDM yang masih rendah.
  5. Umumnya belum mempunyai legalitas atau surat izin usaha, yaitu NPWP.
  6. Belum memiliki akses perbankan, tetapi sebagian telah memiliki akses ke lembaga keuangan non bank.
  7. SDM atau para pelaku UMKM masih belum memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan yang mumpuni.

Jenis-Jenis UMKM

Jenis-Jenis UMKM

Selain daripada ciri-ciri, maka kita akan membahas juga tentang jenis-jenis Usaha Mikro Kecil Menengah. Kita juga akan membahasnya lebih lanjut. Bacalah artikelnya sampai habis.

1. Usaha Agribisnis

Melakukan usaha agribisnis terkhususnya di bidang pertanian, tidak selalu ditandai dengan bermodalkan tanah yang luas. Saat ini, dalam melakukan usaha agribisnis dapat dengan memanfaatkan halaman atau pekarangan rumah. Pekarangan dapat diubah menjadi lahan agrobisnis yang dapat memberikan keuntungan.

2. Usaha Kuliner

Usaha kuliner yaitu salah satu bisnis UMKM yang sangat banyak digandrungi anak muda. Bidang kuliner cukup sederhana untuk dilakukan, inovasi dalam bidang makanan dan modal yang tidak besar.

Melakukan bisnis terbilang cukup memberikan keuntungan dan menjanjikan. Karena salah satu kebutuhan makanan manusia adalah makanan.

3. Usaha Fashion

UMKM melalui usaha fashion juga cukup menjanjikan dan banyak menarik perhatian semua kalangan. Setiap tahunnya pasti mode tren fashion yang baru akan selalu muncul sehingga dapat meningkatkan pendapatan. Yaitu terutama ketika menjalankan bisnis fashion.

Kelebihan dan Kekurangan UMKM

Kelebihan dan Kekurangan UMKM

Sebagai salah usaha penggerak perekonomian negara yang memiliki kontribusi yang sangat besar. Berupa penyerapan produk domestik, tenaga kerja serta yang memenuhi keperluan masyarakat secara meluas.

Meskipun tergolong usaha kecil, akan tetapi, memberikan keuntungan yang tidak sedikit bagi para pengusahanya. Berikut merupakan pemaparan tentang kelebihan dan kekurangan dari UMKM ini, sebagai berikut:

Kelebihan UMKM

Berikut adalah beberapa kelebihan UMKM jika berkecimpung dalam bisnis UMKM, diantaranya:

1. Mudah Memulai

Kamu dapat memulai usaha UMKM meskipun kamu tidak memiliki modal yang besar. Modal awal yang seadanya dapat dilakukan untuk mengoperasikan usaha UMKM. Dengan yang modal yang seadanya, kamu dapat memulai usaha yang menguntungkan.

2. Mudah dan Cepat Berinovasi

Kelebihan UMKM yaitu memberikan perhatian pada ide dan konsep usaha yang baru. Memberikan peluang dan kesempatan untuk melakukannya. Mengapa demikian?

Dikarenakan untuk menjalankan dan cara mengoperasikannya tidak serumit mengoperasikan perusahaan besar. Jika kamu memiliki ide yang baru dan cemerlang, kamu akan dengan lebih mudah dan secara tidak langsung membuat ketertarikan pelanggan.

3. UMKM Memfokuskan Pada Satu Bidang Usaha.

Yaitu, kamu dapat memfokuskan diri kamu untuk fokus pada usaha yang sedang diusahakan. Jika seandainya kamu fokus pada usaha fashion, maka usaha kamu akan mudah dikenal oleh orang. Hal itulah yang membuat kamu mendapatkan pelanggan kamu dengan sangat mudah.

Kekurangan UMKM

Berikut adalah beberapa kekurangan UMKM jika berkecimpung dalam bisnis UMKM, diantaranya:

1. Terbatasnya Biaya Operasional

Setiap modal awal dalam membuka usaha juga mempengaruhi biaya operasional usaha. Apabila modal anda kecil, maka kamu harus cerdas dan pandai-pandai dalam mengelolanya. Jika tidak, maka usaha kamu akan mengalami kegagalan dan bisnis yang dijalankan tidak ada kemajuan.

2. Kesediaan Produk Sedikit

Tenaga yang melakukan produksi serta modal yang terbatas dan kecil menjadikan produksi juga terbatas. Akibatnya, pelaku usaha UMKM tidak berani mengambil pesanan produksi dalam skala besar.

3. Tenaga Ahli Yang Terbatas

Dalam menjalankan usaha UKM salah satu kekurangannya adalah minimnya tenaga ahli yang profesional dalam mengelola usaha. Dikarenakan modal yang kecil, pada umumnya pengusaha UKM tidak memerlukan poin tenaga ahli yang banyak dan cukup sulit untuk mengalami perkembangan.

Cara Daftar UMKM Online

Cara Daftar UMKM Online

Untuk mendaftar Umkm online dapat menggunakan KTP dan juga harus membuat NIB atau Nomor Izin Berusaha. Yaitu dapat melalui https://oss.go.id, berikut cara daftarnya:

  1. Silahkan login pada link https://oss.go.id atau buka pada browser, chrome atau sejenisnya. Silahkan gunakan akun yang telah kamu miliki.
  2. Kamu dapat langsung akses web nya dengan klik tautan Disini
  3. Kliklah tombol perizinan usaha, pilih dan klik perseorangan.
  4. Selanjutnya, kamu dapat pilih pendaftaran NIB sesuai dengan jenis usaha yang dimiliki.
  5. Isi dan lengkapilah formulir data profil, klik tombol simpan lalu lanjutkan.
  6. Silahkan klik tombol tambah usaha dengan melengkapi formulir data usaha. Silahkan klik simpan dan lalu lanjutkan.
  7. Bagian usaha kecil di formulir komitmen prasarana usaha, bisa mengajukan izin lokasi dan lingkungan, silahkan klik tombol selanjutnya.
  8. Kemudian, kamu akan dapat melihat rangkuman data yang sudah kamu isikan.
  9. Silahkan klik tanda centang pada kota disclaimer dan silahkan klik proses NIB.

Hal-hal berikut yang perlu kamu perhatikan ketika cara mendaftar Umkm

  • Lengkapi syarat dan data pada pendaftaran.
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Sudah memiliki KTP.
  • Memiliki usaha mikro dengan adanya surat usulan calon penerima dari BPUM dari pengusul BPUM dan lampirannya yang merupakan satu kesatuan.
  • Tidak tergolong atau bukan ASN, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN dan BUMD.
  • Bukan penerima kredit atau pembiayaan dari suatu bank dan KUR.
  • Jika kamu seorang pelaku UMKM yang sudah memiliki KTP namun domisili yang berbeda. Maka bisa melampirkan Surat Keterangan Usaha.

Cara Daftar Umkm BRI Online:

Cara Daftar Umkm BRI Online

  1. Silahkan login pada eform.bri.co.id.
  2. Kamu dapat langsung akses web nya dengan klik tautan Disini
  3. Setelah login ke linknya, perlu diingat bahwa harus menggunakan NIK KTP.
  4. Masukan kode verifikasi yang sudah dikirim.
  5. Silahkan klik proses inquiry. Tujuannya adalah untuk mengetahui bahwa kamu terdaftar sebagai penerima bantuan BPUM 2022 pada UMKM
  6. Jika nama kamu terdaftar, kamu sebagai penerima BLT UMKM dari Kemenkop UKM.

Akhir Kata

Demikianlah informasi seputar tentang UMKM. Berharap kamu semakin memiliki pemahaman tentang seputar UMKM, cara daftar UMKM BRI online, segala persyaratan yang harus diperhatikan dan harus kamu tahu.

Nah, kamu tidak perlu bingung lagi ya artikel ini sudah menolong dan membantu kamu. Terima kasih sudah membaca sampai akhir, sampai bertemu pada artikel kami selanjutnya. Jangan sampai ketinggalan informasi menarik lainnya. Tetap semangat dan selamat beraktivitas.